• (024) 6723456
  • sisteminofrmasi-s1@stekom.ac.id

Peran Digital Marketing

Pada situasi adanya covid-19 yang mengharuskan berbagai aktivitas dengan cara online work from home (WFH).Dikutip dari data statistik rata-rata 89% penduduk Indonesia dan luar negeri menghabiskan waktu aktivitas di aplikasi mobile smartphone sebagai saluran komunikasi.Tanpa disadari berjalannya waktu,sebuah perusahaan seharuskanya sudah peka terhadap sistem digital marketing sebagai bahan menarik konsumen. E-Marketing merupakan bagian dari e-business yang berorientasi kepada pelanggan.Internet melihat kegunaannya bagi pelaku UMKM  adalah memudahkan pertukaran informasi secara instan merangsang efisiensi dan membantu memecahkan masalah sejak tahap awal (Carniels et al,2014).Penggunaan sosial media mempunyai peran memberikan dampak positif terhadap bisnis khususnya dapat mengurangi biaya pemasaran yang cukup besar dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.

Perkembangan teknologi internet yang sudah dikonsumsi oleh masyarakat luas maka tak bisa terlepas kegiatan digital marketing menjadi kebutuhan pokok pilihan manusia.

 

Suatu perusahaan pada situasi digitalisasi ini harus mengubah pola strategi marketinnya agar tercapai target pasar sesuai harapan sesuai harapan konsumen.Misalnya jika sebelumnya dalam menjalankan pola strategi pemasaran menggunakan pemasangan iklan di radio,TV,dan koran maka harus diubah menggunakan cara mobile marketing agar memudahkan target yang spesifik.

Mobile marketing merupakan strategi pemasaran menggunakan media smartphone melalui situs web,email,aplikasi e-commers.Dikutip dari Salesforce sekitar 68% perusahaan telah mengintegrasikan digital marketing ke dalam strategi pemasaran secara keseluruhan.

 

Setiap orang yang memiliki usaha tentunya membutuhkan marketing untuk menggapai pasar yang dituju dan menggaet pelanggan untuk menaikkan bisnis Anda. Sayangnya, seringkali cara marketing yang sudah ada belum cukup untuk mengoptimalkan cakupan pasar yang dituju.

Di tengah pandemi COVID-19, penerapan pembatasan kegiatan di luar ruangan menjadi kondisi yang terbukti berpengaruh besar terhadap penjualan. Ketatnya pembatasan kegiatan luar ruangan menjadi alasan masyarakat beralih ke kegiatan digital, seperti berbelanja produk harian, transaksi perbankan, bahkan bekerja.

Dalam kondisi ini, digital marketing dibutuhkan untuk mencapai pasar yang bermigrasi ke digital dengan memahami bagaimana cara teknologi bekerja dan pemanfaatannya. Digital marketing mengoptimalkan pemanfaat media digital untuk mendapatkan data, pasar, dan pelanggan-pelanggan potensial, sehingga pelaku bisnis dapat mengambil langkah marketing yang tepat untuk mengakomodasi perubahan perilaku konsumen.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

1. Hemat Biaya Promosi

Keterbatasan biaya seringkali menjadi penghalang bagi pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Namun dengan adanya digital marketing, biaya untuk promosi dengan cara konvensional dapat dialihkan menjadi promosi digital dan secara signifikan mengurangi pengeluaran biaya untuk membuat brosur, spanduk, baliho, atau iklan di media cetak bahkan televisi. Promosi Anda dapat dilakukan di berbagai macam aplikasi sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, bahkan Tiktok. Kegiatan ini juga dapat dibantu dengan menggunakan jasa digital marketing agency. Menggunakan media sosial tidak membutuhkan banyak biaya, sehingga secara efektif mengurangi pengeluaran biaya yang tidak dibutuhkan.

2. Jangkauan Lebih Luas

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat mencapai pasar yang lebih luas dan dengan lebih cepat karena tidak adanya batasan geografis. Anda juga dapat meraih pasar yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan menganalisa data yang ada, seperti profesi, usia, hobi, lokasi, dan sebagainya.

Data-data tersebut dapat dimanfaatkan oleh digital marketing agency untuk penentuan konten yang sesuai dengan target pasar Anda. Penggunaan bahasa, visual, dan warna yang tepat dapat menjadi alat yang membantu efektifitas digital marketing Anda.

3. Mempermudah Peningkatan Penjualan

Membidik pasar yang berbeda tentunya menentukan perbedaan konten promosi yang akan Anda publikasikan. Dengan mengetahui karakteristik pasar yang Anda tuju, Anda dapat memanfaatkan factor-faktor di sekitar pasar Anda untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah berkolaborasi dengan digital marketing agency yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan search engine marketing. Mereka juga dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk melakukan promosi secara online.Dengan jangkauan pasar yang luas, dapat diakses oleh banyak orang dan tak terbatas lokasi geografis tentunya meningkatkan potensi pasar Anda dan akan berdampak pada peningkatan penjualan secara signifikan. Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan dapat menjadi inspirasi, masukan, serta solusi bagi target pasar yang Anda bidik.

 

4. Menjaga Komunikasi Kepada Pelanggan

Membangun dan menjaga komunikasi dan relasi kepada pelanggan merupakan faktor penting yang tak jarang dilupakan oleh pelaku bisnis. Ini seringkali terjadi karena pelaku bisnis terlalu fokus dengan kuantitas penjualan sehingga melewatkan kesempatan untuk mendapatkan basis konsumen yang loyal.Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menghindari hal tersebut dengan menyediakan layanan online 24 jam penuh selama 7 hari dalam seminggu. Ini dapat membuka kesempatan bagi para konsumen potensial untuk mengenal brand Anda, berkomunikasi, berinteraksi, bahkan menjalin hubungan yang kuat sehingga tercipta pelanggan-pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

5. Digital Footprint yang Dapat Dianalisa

Penerapan digital marketing dengan cara tepat dapat membantu Anda mendapatkan insights terkait pasar yang Anda tuju. Anda dapat melihat perilaku pelanggan, ketertarikan pelanggan, kebiasaan berbelanja, produk-produk yang mereka sukai, dan sebagainya, sehingga Anda dapat melakukan analisis yang cepat dan tepat untuk menentukan langkah selanjutnya untuk terus mengembangkan bisnis Anda.

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved