• (024) 6723456
  • sisteminofrmasi-s1@stekom.ac.id
  • Senin - Sabtu 08.00 - 18.00

Pedoman Penyusunan Jurnal dan Non Jurnal

Penyelesaian studi adalah suatu aktivitas akademis pada akhir masa studi di perguruan tinggi yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk dapat dinyatakan lulus dalam jenjang tertentu. Aktivitas ini merupakan muara dari seluruh aktivitas akademis sebelumnya yang akan menunjukkan tingkat penguasaan kompetensi yang harus dimiliki. Mahasiswa yang akan menyelesaikan studi dihadapkan pada pilihan jalur penyelesaian studi mana yang dianggap paling sesuai dengan kemampuannya. Banyak hal yang dijadikan pertimbangan untuk menentukan pilihan, mulai dari waktu penyelesaian, biaya yang harus dikeluarkan sampai pada manfaat yang dapat diperoleh dari setiap pilihan itu.

Terdapat dua jalur penyelesaian studi yang dapat dipilih oleh mahasiswa Fakultas Komputer dan Bisnis (FKB) - Universitas STEKOM, yaitu : jalur skripsi / jurnal dan non skripsi / jurnal.

1) Jalur Skripsi / Jurnal adalah jalur penyelesaian studi yang menuntut mahasiswa menyusun suatu karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya..

2) Jalur Non Skripsi adalah jalur penyelesaian studi dengan penambahan matakuliah tertentu yang setara dengan jumlah SKS pada Skripsi / Jurnal di tambah dengan hasil akhir berupa penyusunan makalah yang berkatian dengan pemahaman dan penguasaan kompetensi dalam suatu disiplin ilmu tertentu dengan pembuatan Aplikasi Web Site E-Commerce.

Mahasiswa yang akan menyelesaikan studi melalui jalur skripsi/jurnal memiliki beberapa jenis penelitian dalam menyelesaikan skripsi / jurnalnya, seperti: penelitian rekayasa sofware dan teknologi , kuantitatif, kualitatif, evaluatif, riset dan pengembangan. Masing-masing jenis penelitian memiliki karakteristik yang berbeda yang penggunaannya sangat tergantung pada jenis permasalahan yang akan diteliti.


Lampiran:
Buku_Panduan_Jurnal_dan_Non_Jurnal_Univ_STEKOM_Update_15-Jan-2021.pdf

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved