• (024) 6723456
  • sisteminofrmasi-s1@stekom.ac.id

Manajemen merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Dari individu, organisasi terkecil seperti keluarga sampai organisasi yang kompleks membutuhkan manajemen untuk mengatur kegiatannya agar teratur dan terkontrol dengan baik.

erlebih bagi seorang manajer, Anda harus dapat mengelola kegiatan dan data-data dengan baik.

Manajemen dapat menjadi sumber informasi termasuk informasi penting dalam proses pengambilan keputusan.

Untuk mengolah dan memanfaatkan data-data dengan maksimal, Anda dapat menggunakan management information system (MIS) yang ada.

Penggunaan sistem manajemen informasi ini memiliki banyak manfaat baik bagi pihak manajemen maupun untuk organisasi keseluruhan.

1. Meningkatkan Akurasi Data 

Data merupakan sumber daya yang penting sebagai pendukung kebijakan yang akan Anda ambil. Data yang akurat sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis karena akan berhubungan dengan keputusan strategis. Sistem informasi manajemen adalah alat yang akan memberikan data akurat yang dibutuhkan perusahaan.

Melalui sistem, data yang masuk akan diolah secara otomatis sehingga membantu tugas manajemen agar lebih efektif dan efisien. Dan dengan dukungan teknologi internet, Anda juga bisa mengambil data yang dibutuhkan pada sistem secara realtime.

2. Mempermudah Koordinasi

Sistem ini juga menyediakan layanan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan, pengawasan dan pengarahan pihak manajemen.

Dari data informasi yang dihasilkan, selanjutnya dapat digunakan oleh departemen atau divisi lain yang membutuhkan.

Pertukaran informasi yang tepat antar departemen mampu membentuk hubungan yang sehat dalam sebuah organisasi.

Tidak hanya itu, sistem informasi juga membantu pihak manajemen dalam pendelegasian tugas kepada pihak lain secara mudah. Koordinasi antar departemen juga dapat dilakukan secara cepat tanpa harus bertatap muka.

3. Meningkatkan Kualitas SDMKetika data informasi telah tersedia secara akurat dan cepat, tentu hal ini berpengaruh pada kinerja sumber daya manusia perusahaan.

Mau tidak mau sumber daya manusia yang menggunakan sistem ini harus menyesuaikan sistem kerjanya mengikuti perkembangan teknologi.

Dengan sumber daya yang berkualitas, tentu saja akan berpengaruh pada progres perkembangan bisnis Anda di masa mendatang.

4. Menekan Biaya Operasional

Ketika sistem informasi manajemen telah bekerja bagi bisnis Anda, kesalahan yang terjadi akibat human error dapat diminimalisir.

Dengan minimnya kesalahan yang terjadi, membuat produktivitas kerja SDM yang ada menjadi meningkat.

Secara bersamaan, kondisi ini membuat biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan menjadi berkurang.

Singkatnya, manfaat Sistem Informasi Manajemen seperti berikut:

1.      Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime.

2.      Memudahkan pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang memiliki hubungan atau koordinasi.

3.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinasi dan sistematis.

4.      Meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya dalam organisasi.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved